::selection {background:#FF0000;color:#FFFFFF;} ::-moz-selection {background:#FF0000;color:#FFFFFF;} ::-webkit-selection {background:#FF0000;color:#FFFFFF;}

Halaman

My List bLog

Kamis, 08 November 2012

SOP


FILOSOFI RED BEAN
Red Bean yang berarti ‘’kacang merah’’ mempunyai hubungan yang akrab dan fositif dalam kehidupan sehari hari. Sering digunakan dalam  masakan sehari hari karena citra rasanya yang nikmat juga karena tingkat gijinya yang tinggi.
       Namun secara filosofis,kacang merah juga mempunyai makna yang dalam dibanyak kalangan masyarakat ASIA. Kacang merah diyakini sebagai lambing ‘’kasih saying’’ dan ‘’cinta kasih’’,sehingga orang digunakan sebagai symbol dalam menyatakan sifat tulus.
RED BEAN berdiri tanggal 1 oktober 2003,.. outlet pertama di MALL PURI INDAH.



VISI : Menjadi restaurant kualitas Nasional.
MISI : Menjadi restaurant yang paling diminati konsumen dari seluruh lapisan masyarakat
       : Menjadi restaurant yang memberikan service dan kualitas terbaik dibidangnya.

BUDAYA PERUSAHAAN
       Pola sikap keyakinan perasaan tertentu yang mendasar mengarah,member arti kepada tingkah laku & proses suatu system usaha yang mencakup cita-cita & norma-norma yang berlaku dalam perusahaan.
1.kekeluargaan tetapi tidak familysm
2.saling mendukung demi kemajuan bersama.
3:tidak menganut faham,kesukuan,agama/ras.
4.promosi berdasar profesionalisme tidak berdasar senioritas.
5.disiplin
6.team work
7.sense of human relation
8.sense of responsibility
9.sense of oppenes
BUDAYA KERJA
       Pola sikap dan tingkah laku fositif dalam bekerja yang harus dijalankan secara konsisten oleh semua karyawan service untuk mencapai kepuasan pelanggan.

WAITER
 Seorang petugas atau pelayan yang bertanggung jawab kepada penjualan produk makan dan minuman yang ada di suatu perusahaan.
TANGGUNG JAWAB
ð  Bertanggung jawab terhadap seluruh service area dan selalu berorientasi kepada kepuasan pelanggan.
ð  Bertanggung jawab pada penjualan produk.
ð  Bertanggung jawab terhadap kepuasan pelanggan dari mulai menyambut tamu,mencatat pesanan,mengantarkan pesanan hingga menangani kebutuhan pelanggan.
TUGAS
ð  Menguasai dan memahami prosedur standar kerja S.O.P
ð  Menjual produk
ð  Menjaga kebersihan seluruh area ruang makan.
ð  Menyambut tamu dengan ramah dan penampilan yang baik.



HEAD WAITER
TANGGUNG JAWAB :
       1.bertanggung  jawab pada seluruh service area dan mengelola secara professional karyawan service untuk selalu berorientasi pada kepuasan pelanggan.
       2.bertanggung jawab terhadap penjualan produk.
       3.bertanggung jawab terhadap kepuasan pelanggan dari mulai menyambut tamu,menulis pesanan,penyajian makanan dan penanganan kebutuhan pelanggan.

TUGAS
-          Menjual produk (suggestive selling)
-          Memberikan pelayanan yang baik (kepuasan) kepada setiap pelanggan
-          Selalu menjaga kebersihan area ruang makan
-          Mengecek kelengkapan perlengkapan makan dan condiment dimeja pelanggan
-          Sopan santun dan penampilan yang baik
-          Menjaga nama baik/citra perusahaan
-          Memahami dan menguasai procedure service
-          Memberikan training pada crew baru dan senior
-          Menyambut tamu dengan ramah senyum antusias
-          Menyajikan program kerja,menciptakan disiplin dan menyajikan Q S C
-          Menjaga kelengkapan dan kebersihan peralatan makan dan condiment
S.O.S
Ialah suatu mekanisme/system yang dijadikan sebagai acuan dalam memberikan pelayanan kepada customer dan harus dilaksanakan/dijalankan secara konsisten oleh  semua karyawan service untuk mencapai kepuasan pelanggan.


D.P.K
Yaitu pembagian tugas kerja dan tanggung jawab pada saat operasional.

TRAVEL PATH
Adalah kegiatan memeriksa secara langsung seluruh bagian restaurant untuk memeriksa kondisi kebersihan dan kerapihan serta kelengkapan peralatan dan segera ditindak lanjuti untuk melihat seluruh kegiatan operasional yang dilakukan oleh karyawn disetiap section apakah berjalan baik sesuai prosedur atau tidak.
PUSH ITEM
       Yaitu produk yang penjualanny harus ditingkatkan.
SUGGESTIVE SELLING
       Yaitu kegiatan menawrkan produk/menu yang dilakukan pada saat taking order,biasanya produk yang ditawarkan adalah menu2 baru/menu promo.
UP SELLING
       Ialah kegiatan menawarkan menu2 tertentu yang bertujuan untuk menghindarinya Left Over,Spoil,Expired.
GUEST SUPPLY
       Adalah bahan2 penunjang kebutuhan pelanggan (tissue,condiment,straw,cutleries dll).
GENERAL CLEANING
       Adalah kegiatan kebersihan secara menyeluruh meliputi area kerja dan perlengkapan kerja.


CLEAN AS YOU GO
       Adalah meninggalkan area kerja dalam keadaan bersih dan membersihkan semua peralatan kerja setelah digunakan.
FIFO
Yaitu metode penyimpanan barang sesuai dengan tanggal penerimaan barang/bahan baku pertama digunakan/dipakai pertama.

Tidak ada komentar: