::selection {background:#FF0000;color:#FFFFFF;} ::-moz-selection {background:#FF0000;color:#FFFFFF;} ::-webkit-selection {background:#FF0000;color:#FFFFFF;}

Halaman

My List bLog

Senin, 11 Februari 2013

KOMPUTER DENGAN MASYARAKAT




Berbagai Aktivitas Kehidupan Manusia dengan Menggunakan Komputer :



a)    Perbankan
b)   Perdagangan
c)    Industri
d)   Transportasi
e)   Rumah Sakit
f)    Pendidikan
g)   Seni
h)   Penelitian
i)     Rekreasi
j)    Hankam
k)   Komunikasi



A.  Bidang Perbankan :
ü  Sistem uang elektonik (ATM, kartu kredit dan debit)
ü  Penyimpanan Data
ü  Pemrosesan transaksi secara on-line
ü  Pembayaran tagihan secara on-line.
B.  Bidang Perdagangan :
ü  Memproses data transaksi dalam jumlah yang banyak
ü  Menyimpan hasil transaksi, persediaan barang-barang (stock)
ü  Pembuatan laporan keuangan, faktur, surat-surat, dokumen dll
ü  Selain pembayaran tunai bisa juga secara elektronik.
C.  Bidang Industri :
ü  CAM – Computer Alded Manufacturing untuk meningkatkan produktivitas
ü  CAD – Computer Alded Design untuk merancang produk industry (Mobil,.dll
ü  Penggunaan robot yang dikendalikan oleh computer dari jarak jauh.
D.  Bidang Kedokteran :
ü  Membantu dokter dalam mendiagnosis penyakit pasien
ü  CAT – Computer Axial Tomography untuk menghasilkan gambar sinar-X bergerak
ü  Membantu tuna netra membaca dengan teks khusus
ü  Menyimpan riwayat penyakit pasien, pengganjian karyawan RS
ü  Pengelolaan persediaan obat-obatan.



E.  Bidang Pendidikan :
ü  CBE - Computer Bassed Education sebagai alat pembelajaran
ü  CAI – Computer Assisted Instriction digunakan pendidik untuk menyampaikan arahan dalam pelajaran
ü  Menyimpan data-data pendidik dan para murid, materi belajar dan soal-soal ujian maupun latihan.
F.  Bidang Seni :
ü  SYNTHESIZER digunakan untuk bunyi alat music seperti bunyi gitar & piano
ü  Untuk proses penciptaan lagu
ü  Untuk menghasilkan animasi dalam film-film kartun dan special effect.
G.  Bidang Penelitian :
ü  Penyelidikan tenaga nuklir dan pemrosesan data
ü  Penelitian luar angkasa
ü  Ramalan cuaca seperti pengambilan gambar awan.
H.  Bidang Rekreasi :
ü  Sumber alat rekreasi seperti games on-line
ü  Roller coaster yang dikendalikan oleh computer.
I.  Bidang Hankam :
ü  Kapal perang dan kapal terbang dipasang peralatan computer untuk membantu navigasi atau serang yang lebih tepat
ü  Untuk simulasi perang atau terbang.
J.  Bidang Komunikasi :
ü  Telekomunikasi yaitu teleconference
ü  E-mail, voice mail dll
ü  Modem sebagai alat sarana komunikasi antar computer dengan internet.
ISYU SOSIAL
Dampak Positif :
ü  Komunikasi yang lebih baik
ü  Transportasi data yang cepat dan aman
ü  Pekerjaan selesai lebih cepat dan akurat
ü  Efisiensi tenaga kerja
Dampak Negatif :
ü  Manusia tergantung dengan computer
ü  Kehilangan pekerjaan karena computer lebih cepat dan teliti
ü  Hacker yang merusak data-data dalam computer walaupun sudah di password

Tidak ada komentar: